Nasi bakar jamur ati ampela

Dipos pada February 28, 2022

Nasi bakar jamur ati ampela

Anda sedang mencari inspirasi resep Nasi bakar jamur ati ampela yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nasi bakar jamur ati ampela yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi bakar jamur ati ampela, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi bakar jamur ati ampela enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi bakar jamur ati ampela adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Nasi bakar jamur ati ampela diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi bakar jamur ati ampela sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi bakar jamur ati ampela memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Awalnya main ke rumah mamak dan biasa keluarga besar buat acara liwetan. biasa kalo liwetan kan pakai daon pisang, ekh ternyata ada sisa daon pisang dan akhirnya di bawa pulang buat bikin nasi bakar 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi bakar jamur ati ampela:

  1. Daun pisang
  2. Nasi
  3. 250 gr Ati ampela ayam
  4. 250 gr Jamur (bebas jamur apa aja) me jamur kancing
  5. 200 gr Kemangi
  6. 10 buah cabai rawit merah
  7. 5 buah cabai merah
  8. 4 siung bawang putih
  9. 8 siung bawang merah
  10. 1 ruas jari jahe
  11. 1/2 ruas kunyit
  12. 5 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk
  13. 4 buah sereh (potong2 serong) jika tidak suka cukup di geprek
  14. 3 buah kemiri sangrai
  15. Garam
  16. Gula
  17. Kaldu jamur
  18. Minyak untuk menumis
  19. Air
  20. 1 sdm kecap manis (boleh skip)
  21. Tusuk gigi / streples

Langkah-langkah untuk membuat Nasi bakar jamur ati ampela

1
Cuci bersih semua bahan dan potong2 jamur sisihkan. Buat bumbu halus (cabai,bawang,kemiri,kunyit dan jahe)
2
Rebus ati ampela dan beri daun salam 3 lembar. Setelah empuk, cuci dan potong kecil2
3
Panaskan minyak untuk menumis sebelum bumbu halus di masukan, masukan terlebih dahulu daun salam, jeruk dan sereh. Masukan bumbu halus masak sampai harum. Masukan air 100ml dan masukan juga seasoning (gula garam dan kaldu jamur) koreksi rasa
4
Masukan ati ampela masak kurang lebih 5 menit sampai air menyusut, setelah itu masukan jamur aduk2, dan setelah itu kasukan kemangi aduk sebentar angkat
5
Bungkus nasi dengan daun pisang (nasi 1 sampai 2 centong pipihkan, masukan isian jamur dan ati ampela gulung daun pisang dan ujungnya bisa di beri tusuk gigi atau bisa di streples) intinya seperti membuat lemper atau lontong ia.
6
Bakar nasi di teplon dengan api sedang sampai sudah tercium aroma daun pisang, angkat dan sajikan selagi panas

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

YakiUdon (jamur dan udang)

YakiUdon (jamur dan udang)

Hari ini iseng masak Yakiudon ternyata rasanya tidak mengecewakan πŸ˜‚. daging, udang dan mi jadi satu jadi g perlu kwatir dengan kandungan gizi nya. ditambah g usah pakai MSG seperti kita beli diluaran. resep ini dijamin aman dan enak. semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😍

Steam Egg with Mushroom and Fish Sauce

Steam Egg with Mushroom and Fish Sauce

Udah nyobain steam telur ngga nih? Yuk coba buat sendiri. #Resep #Steam #Egg #Mashroom #Sauce #CookingWithLove #GoodMoodFood

2 Orang
30 menit
Jamur krispi

Jamur krispi

Ini cemilan sekaligus lauk kesukaan kelurgaku. Jamur krispi yang kubikin dg cara yang sangat mudah simpel dan cepat. Tanpa perlu bahan celupan tanpa perlu rendaman krn jamur cukup dicuci saja dan ditiriskan tanpa perlu diperas. Kemudian tepungnya aku gunakan tepung yg kuracik sendiri dg bahan sederhana. Krn utk hasil yg renyah kita jangan menggunakan tepung bumbu instan y.tepung instan biasanya hanya renyah selagi panas sj, nti klo dingin biasanya melempem. Dan tepung bumbu yg akan kita bikin ini bisa jg utk stok didapur y. Bs digunakan utk sajian yg lain spt ayam krispi tahu krispi bahkan terong krispi. Yukk silahkan dicoba resepnya.

suka2 porsi
30menit
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut

Masak apa bund hari ini ? Menu ini sederhana tapi enak banget pokoknya makannya nagih pengen terus terusan gitu ... Sore ini dapur bahagia buat menu * Sate Jamur Tiram * pakai bumbu kacang bund, bisa juga pakai sambal kecap dan sambal lainnya sesuai selera ya bund..karena dirumah jarang ada yang suka kecap manis maka saya buat pakai bumbu kacang saja Rasanya uenak, harum banget bumbu kacangnya cocok kalo disantap bareng sayur lalapan bund 🀭 Sate jamur gantinya daging bund untuk yang vegant atau lagi diet Sate jamur tiram ini cocok banget jadi menu makan siang / makan malam dirumah πŸ’žπŸ‘©πŸ»β€πŸ³ Selamat mencoba πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ #masak #masakanrumahan #masakanindonesia #masakannusantara #masakansimple #masakansederhana #kuliner #kulinernusantara #kulinerindonesia #kuenusantara #kueindonesia #kuetradisional #lauknusantara #kreasibunda #dapurbahagia #sate #satejamur #satejamurtiram #jamurtiram #jamur #vegant #vegetarian #menudiet #diet #bumbukacang #kacangtanah #kacangtanahgoreng

2 orang
30 menit
Mie Ayam Jamur

Mie Ayam Jamur

Pengen banget makan mie ayam, Cus langsung buat pakek ceker lebih mantap

128. Sate Jamur Bakar ala Abang2 super simple mudah

128. Sate Jamur Bakar ala Abang2 super simple mudah

Sudah persis banget sama yang dijual abang2 gerobakan disepanjang jalanan pacet 😁

15tusuk
30menit
Oseng timun jamur telur

Oseng timun jamur telur

Di kulkas ada timun dan jamur yang ga kemasak-masak dari kapan hari, yaudah buat oseng simpel dari 2 bahan ini ditambah telur. Jadi sayur yang enak banget kalo dimakan pake nasi putih. Ini aku beri sedikit air karena lagi pingin yang berkuah, tapi kalo ga pake kuah juga enak.

1 orang
30 menit
Jamur Goreng Tepung

Jamur Goreng Tepung

#PejuangGoldenApron3

Tumis Tahu Bakso Champignon Saus Teriyaki

Tumis Tahu Bakso Champignon Saus Teriyaki

Haloo haloo Lur ! Karena saya lagi nyetok tahu, bakso dan jamur.. jadi menu yang dimasak yaa ga jauh jauh dari bahan-bahan itu hehe. Kali ini divariasikan pakai saus teriyaki. Kalau mau pakai taburan wijen juga makin enak, cuma saya skip karena kelupaan haha (padahal wijennya ada). Selamat mencoba ! πŸ˜€

Β± 6 porsi
Β± 25 menit
Jamur Cumpar Campur

Jamur Cumpar Campur

Udah lama ga nemu jamur kancing ini..

Jamur Bakso Saus Tiram

Jamur Bakso Saus Tiram

Punya jamur tiram di kulkas tapi bingung mau diolah jadi apa. Gak pengen digoreng crispy terus sih, jadinya ditumis aja deh pakai bakso. Eh, enak juga! πŸ˜†

3 orang
25 menit
154. Pizza Jamur Keju (Gluten Free)

154. Pizza Jamur Keju (Gluten Free)

Eksperimen buat pizza gluten free lagi... kali ini pkai ragi dan psylium husk spy empuk. Alhasil... bener2 enak! Topping sesuai selera aja ya bun. Selamat mencoba! #Cookpadcommunity_Bandung #Cookpadcommunity_Tangerang

Orak Arik Jamur Tiram dan Jamur Kuping

Orak Arik Jamur Tiram dan Jamur Kuping

Perpaduan dua macam Jamur...yang satu teksturnya Lunak setelah matang dan yang satunya crunchy...Jamur Kuping yang aku pakai Jamur yang segar/basah...bukan yang sudah dikeringkanπŸ„

4 orang
20 menit
Day. 285 Nugget Ayam Wortel Jamur (15 month+)

Day. 285 Nugget Ayam Wortel Jamur (15 month+)

Ga mau anaknya. Yg doyan malah teteh nya. Ada tempe bacem dari menu keluarga ya. Resepnya udah pernah dishare. Tinggal ganti saos tomat dengan 3 buah tomat merah, serta skip daun salam, bawang bombay dan gula pasirnya. Trus ada penambahan gula jawa.

Tumis daging suki jamur

Tumis daging suki jamur

Fotonya pindah tempat yg gedean & gk kliatan belepotan🀭 #PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa

Sate Jamur Tiram

Sate Jamur Tiram

Idul Adha selesai waktunya kembali ke setelan pabrik 🀣🀣🀣

3 porsi
Sup Sarang Telur Jamur ala Indah

Sup Sarang Telur Jamur ala Indah

Menu MPASI 8+ untuk anak GTM dan susah makan. Menu ini juga bisa jadi hidangan keluarga yang sehat.

3 porsi
20 menit
Ayam Jamur Untuk Mie Ayam

Ayam Jamur Untuk Mie Ayam

Punya jamur champignon / jamur kancing bingung mau di masak apa, jadilan bikin ini. Rasanya mantep jadi pengen jualan hehe