Roti jamur

Dipos pada February 27, 2022

Roti jamur

Anda sedang mencari inspirasi resep Roti jamur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Roti jamur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Roti jamur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Roti jamur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Roti jamur adalah 7 pack. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Roti jamur diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Roti jamur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Roti jamur memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena di perumahan ada kumbung jamur, maka harus kreatif mengolahnya, jadilah olahan roti jamur yang menjadi ciri khas di poktan elok mekar sari

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Roti jamur:

  1. 500 gr terigu cakra
  2. 100 gr gula pasir
  3. 75 gr margarin/butter
  4. 8 gr fermipan
  5. 2 kuning telur
  6. 25 gr/1 sachet susu bubuk
  7. 250 ml air
  8. 5 gr garam
  9. Bahan isian
  10. 250 gr jamur tiram segar, rajang sesuai selera
  11. 2 siung bawang putih, geprek halus
  12. Saos bolognise
  13. sesuai selera Oregano bubuk, gula, lada dan garam
  14. Saos sambal dan mayonaise untuk topping roti
  15. Tumis bawang putih sampai harum masukkan jamur tumis hingga layu
  16. Tambahkan saos bolognise, gula garam dan lada bubuk
  17. Taburi oregano bubuk secukupnya, sisihkan

Langkah-langkah untuk membuat Roti jamur

1
Campur bahan kering terigu, gula, fermipan, susu bubuk, aduk rata
2
Tambahkan kuning telur dan air, uleni hingga tercampur
3
Tambahkan garam dan margarin/butter, uleni hingga kalis tidak lengket di tangan dan kalau ditarik adonan membentuk window pain
4
Kemudian tutup dan biarkan 15 menit, lalu kempiskan adonan timbang masing2 30gr bulatkan, setelah selesai semua dibagi rata, kempiskan adonan dg rolling pain isi dg jamur, bentuk suka2
Roti jamur - Step 4
5
Diamkan sampai mengembang 2kalinya, olesi dg susu cair beri mayo dan saos sambal, taburi oregano
Roti jamur - Step 5
6
Masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kroket Ubi Jamur Kecap

Kroket Ubi Jamur Kecap

Kalau biasanya kroket berbahan dasar kentang, kali ini saya coba pakai ubi. Ubinya pun campuran ada yang putih dan oren, seadanya di rumah. Karena tekstur ubi biasanya lebih lembut daripada kentang, jadi saya tambahkan tepung dan susu bubuk agar lebih mudah dibentuk. Untuk isiannya saya ga pakai ragout, tapi menggunakan jamur tiram dengan tambahan kecap dan bumbu lainnya. Kalau kata anak-anak, teksturnya mirip kulit ayam, kenyal. Saat digigit itu enak bangeeeet karena garing kulit luarnya dan lembut bagian dalemnya. Cocok juga nih untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif menu MPASI karena bisa untuk finger food anak dan teksturnya yang bisa untuk merangsang pertumbuhan gigi mereka. Selain itu kandungan gizi dalam ubi dan jamur pun baik untuk masa pertumbuhan. Rasanya pun perpaduan antara gurih dan manis. Cocok untuk sarapan sambil ngeteh πŸ˜‹. Source: @erikarhn #ResepUbi #TetepKenyangTanpaNasi #PERMISI #PejuangMPASI #Rekreasi_Depok #KopiJosDolan_KeDepok #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

19 pcs
Resep Creamy Mushroom Soup

Resep Creamy Mushroom Soup

Menu yang cocok untuk dijadikan hidangan sahur atau berbuka puasa. Krim kental dengan citarasa gurih akan memanjakan lidah. Rasanya yang lembut juga tidak akan membuat perut kaget setelah seharian berpuasa. Mau coba di rumah untuk sahur dan berbuka puasa? Ayo Bun coba #ResepRamadhanAlaNia Creamy Mushroom Soup ini di rumah. Jangan lupa gunakan juga Kaldu AlaNia ya, dijamin bikin masakan lebih lezat.

Tumis Sawi Putih Jamur

Tumis Sawi Putih Jamur

Lama banget gak masak pakai Jamur Kancing, kebetulan ada stock sawi putih, yaudah di mix and match sekalian bersihin kulkas πŸ˜… begitulah MakMak, kudu kreatif memang πŸ˜… sambil bersih-bersih isi kulkas, sambil nyatet belanja mingguan sebelum ke pasar, dimanfaatin dah ntu sisa stock sayuran yang ada buat hidangan. Kalaupun sedikit porsinya lumayan buat ganjel perut sebelum perang di dapur loh Mak, alias sarapan dulu πŸ€©πŸ‘ Hayuuu cobain resep simplenya πŸ€— semoga bermanfaat dan sehat selalu πŸ™

Pepes Jamur tiram, Tahu, dan Tempe (protein nabati menu diet)

Pepes Jamur tiram, Tahu, dan Tempe (protein nabati menu diet)

Kepingin makan pepes endeusss yg asem dan seger di lidah akhirnya jadilah resep ini. Rasanya nikmat banget pokoknya Ndak kalah sama pepes ikan yang pakai parutan kelapa. Karena bumbunya udah tercampur saat menumis sebelum dikukus

4 porsi
20 menit
Pepes Tahu Jamur

Pepes Tahu Jamur

Lagi kepengen makan makanan berbahan dasar tahu. Kepikiran langsung bikin pepes karena berbumbu dan sehat! Hihi biasanya aku bikin pakai mangkok aja tapi kali ini lagi pengen pake daun pisang biar lebih nikmat dan berasa kayak masakan mama 😊

6 porsi
45 menit
Tumis jamur kuping

Tumis jamur kuping

#pejuanggoldenapron3 #mingguke44 #cookpadcommunity_semarang #tumisjamur

Sate Jamur, simpel uenakk

Sate Jamur, simpel uenakk

Jamur tiram kan biasanya jadi favorit anak2 kalo digoreng Krispy ya Bun. Tp kali ini, sy bagi resep dari Puput Palipuring Tyas ini yg ga kalah manjain lidah putra putri bunda semuanya...sate jamuuur.....πŸ€— Simpel, murmer ga perlu daging2an...kalo ga suka sambal kacang, boleh kok diganti sambal kecap, rasanya tetap enak. Kata si bontot anak sy, uenak bgt Mah! Bangga dooonk, dipuji sama anak sndiri πŸ₯°πŸ˜˜

2-3 porsi
45 menit
Jamur crispy

Jamur crispy

1 piring
1 jam
Tumis Jamur Teri Nasi

Tumis Jamur Teri Nasi

Saban itu penjual jamur langganan datang bawain jamur segar. Pas banget semalamnya kepengen jamur, seperti semacam kontak bathin aja yaaa.. hehee IntipΒ² resep mba Nuri yg ada jamurnya ketemu ini, dan langsung deh eksekusi untuk meramaikan lagi pekan recook sesama #GenkPejuangDapur di #RememberGenkPeda_AbukIrun Makasi resepnya mba Nuri, enak banget ini... Semoga selalu sehat ya mba πŸ₯° Source : Abuk Irun #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanJamurMamiFay

Saus steak with mushroom

Saus steak with mushroom

Ini sih saus kesukaan suami.. tinggal goreng ayam / jamur crispi untuk pelengkap...

4 orang
30 menit
Kentang jamur kecap vegetarian

Kentang jamur kecap vegetarian

Masakan sederhana,dengan bahan2 yang mudah di dapatkan jg.smoga bisa meng-inspirasi semua orang yg baru belajar bervegetarian πŸ™

2-3 orang
40 mnt
Chicken Mushrooms Ginger Soup

Chicken Mushrooms Ginger Soup

Setelah sekian lama akhirnya arisan kombes di selenggrakan lagi. Senangnyaa.. paling suka arisan ini sebab resep2 yang di cooksnap biasanya resep terbaik yang sudah teruji penulisnya. Jadi di jamin enak 😊. #RecookResep_Sidi #CookpadCommunity_Bekasi #PejuangGoldenApron2

3-4 org
Jamur Enoki Saos Tiram

Jamur Enoki Saos Tiram

Sudah lama gak makan di restio karena pandemi semua serba bikin sendiri. Kepingin banget ngolah jamur enoki yang seger tapi gurih. Jadilah tumis semi sup enoki ini... rasanya gak kalah sama di resto ala korea.

2 orang
35 menit
Sayur jamur (vegetarian food)

Sayur jamur (vegetarian food)

Menu sehat cocok untuk vegetarian yang diharuskan makan sayuran tanpa kandungan lemak atw daging

2 orang
10menit
Sate jamur bumbu kacang πŸ‘πŸ„

Sate jamur bumbu kacang πŸ‘πŸ„

Pernah makan sate jamur di sebuah warung yang enak banget dan mirip sate daging. Setelah berminggu-minggu makan daging dari lebaran Idul Qurban, lalu teringat menu sate yang versi vegetarian, setelah dicoba, nyummy mirip-mirip dengan yang pernah dimakan dulu πŸ˜‰

Tumis Jamur Tiram & Jagung Manis

Tumis Jamur Tiram & Jagung Manis

Dulu sering dimasakin ini sama bibi yang ngasuh saya sedari kecil. Sekarang hamil, tiba-tiba kangen sama ini pas lihat bahannya di kulkas. Simpel tinggal iris terus sreng sreng sreng aja. Debay di perut pun ikut goyang karena suka hihihi β™‘

3-4 porsi
30 menit
Jamur Krispi

Jamur Krispi

Pengen masak yg simpel dan ga banyak bumbu, kebetulan ada jamur di kulkas, jadilah jamur kripi ini 😍 cocok dengan nasi hangat dan tambahan sambal pedas

2 orang
Tumis Sayur Jamur

Tumis Sayur Jamur

Masak praktis untuk menu tanggal tuwak πŸ˜‚ katanya begitu ya, padahal tanggalan tuh sama aja gak ada yg muda gak ada yg tua. Adanya hitam sama merah doang ..🀭 Diposbarnya #CookpadCommunity_Yogyakarta dengan tema Menu Hemat Tanggal Tua. Yuk kita masak #LaukTanggalTua Sebagai rincian belanja maksimal Rp.15.000 dengan asumsi bumbu sudah tersedia. Hanya bahan utama saja 1 bungkus sop-sop an : Rp. 2500 1 bungkus jamur Rp. 3000 1 papan tempe Rp. 5000 dipake Β½ jadi 2500 1 bungkus tepung bumbu 80gr Rp. 2500 1 bungkus kerupuk Rp. 2500 Jadi total belanja Rp. 13.000 #LaukTanggalTua #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #TumisanInong

2 orang
Jamur Tiram Panggang Kecap

Jamur Tiram Panggang Kecap

Ide masak yang muncul pas paksuami lagi gak mau makan pedes, padahal menu meal plan harusnya tumis pedas jamur tiram hehe 😁 (CP1)

2 porsi
15-30 menit