Mie Lethek Goreng Jamur Kuping

Dipos pada February 22, 2022

Mie Lethek Goreng Jamur Kuping

Anda sedang mencari inspirasi resep Mie Lethek Goreng Jamur Kuping yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Mie Lethek Goreng Jamur Kuping yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mie Lethek Goreng Jamur Kuping, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mie Lethek Goreng Jamur Kuping enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Mie Lethek Goreng Jamur Kuping adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mie Lethek Goreng Jamur Kuping sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mie Lethek Goreng Jamur Kuping memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setelah lama penasaran, akhirnya terkabul juga membuat mie khas produksi Bendo, Bantul, Yogyakarta ini. Kali pertama melihatnya berseliweran di resep Mbak AyuCimo (akun Cp: Cassalover (AyuCIMO)), dan berterima kasih sekali karena dibantu dibelikan mie ini dari dekat tempat tinggal beliau di Yogya. Wah, alhamdulillah, senangnya.. β€οΈπŸ’• Mie ini memang khas bentuk, warna, dan aromanya, karena dibuat dengan alami dari singkong/gaplek. Tanpa pengawet. Cara masak pun, sebaiknya mesti direndam dan dibilas dahulu. O iya, 'Lethek' kalau dalam Bahasa Jawa artinya kira-kira adalah 'buram, keruh'. Sesuai dengan warna mie yang buram. Menuju ke resep yuk. Saya recook resep Mbak AyuCimo dengan sedikit saja penyesuaian, dan tanpa irisan ayam, karena ayamnya belum ketangkep πŸ˜‚πŸ™. Alhamdulillah, suka. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie Lethek Goreng Jamur Kuping:

  1. 200 gr mie Lethek kering
  2. 3 lembar jamur kuping rebus
  3. 4-5 lembar sawi putih
  4. 1 telur ayam utuh
  5. 4-5 siung bawang merah
  6. 2-3 siung besar bawang putih
  7. 2 cabe merah besar (sesuaikan selera)
  8. 2 sdm saus tiram
  9. 1 sdm kecap asin
  10. 1 sdm kecap manis
  11. Sedikit minyak wijen
  12. Lada bubuk, garam (jika perlu)
  13. Sedikit minyak untuk menumis
  14. 2-3 lembar daun salam
  15. Iris jeruk nipis buat pendamping saat disajikan

Langkah-langkah untuk membuat Mie Lethek Goreng Jamur Kuping

1
Panaskan air, lalu rendam mie Lethek selama 40-60 menit. Bilas, tiriskan.
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 1
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 1
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 1
2
Iris-iris bawang merah, bawang putih, sawi putih, jamur kuping rebus, dan cabe.
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 2
3
Panaskan minyak di wajan, masukkan bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum. Masukkan daun salam. Lalu jamur kuping dan cabe.
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 3
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 3
4
Setelah semua 50% layu, sisihkan ke pinggir. Pecahkan telur di tengah, orak-arik. Tambahkan sayuran, masak hingga agak layu.
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 4
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 4
5
Masukkan mie Lethek, lalu semua sisa bumbu. Gunakan api kecil / sedang saja. Tambahkan air jika perlu. Aduk rata, koreksi rasa hingga siap dihidangkan. Tambahkan irisan jeruk nipis, buat penambah rasa/aroma buat yang suka. Selamat menikmati.
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 5
Mie Lethek Goreng Jamur Kuping - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soun Jamur Kuping Saos Tiram

Soun Jamur Kuping Saos Tiram

Resep ke-10 : Maariii sarapan.... Bismillah.... Anakku masih belum move on dari soun.... Kali ini dimasak pake saus tiram....

Tumis Tahu Jamur dengan Telur Puyuh

Tumis Tahu Jamur dengan Telur Puyuh

Siang ini kepengen masak menu makan siang yang simpel aja, cek stok bahan makanan ada tahu susu, jamur tiram dan telur puyuh. Ok lah klo gitu, lets cookingπŸ˜€. #BelajarBarengCookpad #CookpadCommunity_Bogor #WorkFromHome #tahu

30 menit
108. Tumis Jamur Tiram

108. Tumis Jamur Tiram

Bismillahirrahmanirrahim.. MasyaAllah, ketemu lagi sama jamur tiram. langsung cus ditumis aja, simpel tapi mantap πŸ‘Œ #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar #KampoengRamadhan

2 porsi
20 menit
Spaghetti with Creamy Mushroom Sauce and Fried Shrimp Topping

Spaghetti with Creamy Mushroom Sauce and Fried Shrimp Topping

Lagi kangen makan makanan yg dulu sering dan bs dimakan pas di Taiwan. Salah satunya makanan Italiano. Ngide bikin spaghetti trs pake saus jamur gituu. Eh kok enak πŸ˜…

2 porsi
1 jam
Tongseng Jamur Ala Jejamuran

Tongseng Jamur Ala Jejamuran

Karena ada yg posting tongseng jamur tetiba kangen menu tongseng jamur ala jejamuran jogjakarta, akhirnya jadi kangen ngebolang ke jogja....😊 Posbar semarak minggu ini tema nya santan, untuk mengobati kangen aq pilih tongseng jamur ala jejamuran dengan santan yg encer Source : Mrs Trans dari Malang Jawa Timur #AkulahSangSantan #Semarak_AkulahSangSantan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

rame rame
45 menit
Mushroom and garlic noodles (jamur shitake dan bawang)

Mushroom and garlic noodles (jamur shitake dan bawang)

Happy bless sunday semuanya ! mie goreng adalah salah satu makanan yg disukai oleh banyak kalangan maupun generasi. dalam 1 porsi mi goreng udah lengkap dengan sayur dan daging. g usah kwatir tentang gizi. simpel dan g ribet masak nya. hari ini aku masak mushroom and garlic noodles , jadi rasa jamur dan bawang putih nya sangat terasa ditambah keju yg membuat rasa lebih creamy. Smoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba

πŸ’œSup Ayam JamurπŸ’œ

πŸ’œSup Ayam JamurπŸ’œ

πŸ’žMy Comfort foodπŸ’ž

2-4 orang
15-30 menit
Pepes jamur merang (jerami)

Pepes jamur merang (jerami)

Waktu kecil kalo sawah habis dipanen.. jerami yang numpuk jadi numbuh jamur gitu. Anak-anak pada excited banget buat ngambil tu jamur sampe balap-balapan. Sampe sekarang masih suka ngambilin soalnya enak banget, walaupun dimasak dengan bumbu yang seadanya.

Sambal jamur ala sesuai selera

Sambal jamur ala sesuai selera

Rasa pedes asem nya ya ampun enak banget ..

2 orang
Tumis jamur tiram & bunga bawang

Tumis jamur tiram & bunga bawang

Pertama heran dg sayuran ini (bunga bawang) hihi.. kok seperti daun bawang tapi ada bunganya, batangnya juga lebih keras, dan ibuΒ² yang belanja di mbak sayur ini banyak yang beli pasti enaklah. Penasaran dong tapi malu bertanya enaknya dimasak apa, maklum deh aku masih termasuk ibu baru di sini. Eksperimen pertama dibuat tumis.. Alhamdulillah.. enaaaak.. dibuat pedas enak banget sayuran ini, besok deh buat lagi..

Cap Jay rempelo ati jamur kuping

Cap Jay rempelo ati jamur kuping

Sore Hari bila masakan habis kita masak cap Jay... Kalo smua anggota sudah kumpul Baru kita masak. Sayuran dan ikannya sudah siap sedia di kulkas tinggal sreng sreng deh. Matang kita satap bareng Panas2 wooow mantap. #PasukanGoldenApron3

Tumis Pokcoy Jamur Kancing

Tumis Pokcoy Jamur Kancing

Resep tumis sayur dengan bahan dan cara masak sederhana.tapi tetaplah yang namanya sayur kaya akan serat dan vitamin..

3 - 4orang
25 menit
Pepes Tahu Jamur Daun Singkong

Pepes Tahu Jamur Daun Singkong

Ikut ramaikan #PekanPosbarProtein minggu ini, manda posting pepes tahu saja, bisa disajikan tuk menu lauk buka maupun sahur. Ada tahu, jamur, daun singkong dan telur, pasti banyak bgt kan protein dan nutrisi lainnya.. πŸ₯° source : mommy Raffa #LihaiRecook10_Yogyakarta #PejuangGoldenApron3 #KopiJos_ProteinTinggi #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PekanPosbarProtein #KampungRamadan

Mushroom Cream Soup

Mushroom Cream Soup

Alhamdulillah, siang2 ada susu cair pingin dibikin cream soup. Keinget seperti di Eropa, tiba2 pingin makan ini. Selamat mencoba~ Barakallah~

1-2 orang
20 menit
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang

660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang

Olahan tempe memang enggak ada matinya, dimasak apa ajah enak yah. Kali ini bikin kreasi tempe #KopiJos_KreasiTempe #PekanPosbarTempe ala menu Jepang, tapi citarasa tetap Indonesia yang #SelaluIstimewa hehehe πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Katsu, biasanya terbuat dari ayam, daging, maupun udang. Namun katsu dalam menu ini terbuat dari tempe. Biar ada tekstur sedikit kenyal, maka dicampur dengan jamur tiram. Saya juga menambahkan wortel ke dalam adonannya agar katsu ini mengandung sayur dan serat, jadi makin sehat πŸ‘ŒπŸ˜ Inspirasinya datang dari mbak @Armina Puji Utari, namun saya modifikasi pada pelapis basah juga sausnya. Pelapis basah yang dipakai mbak Armina adalah telur yang dikocok lepas. Lalu saya modif dengan kombinasi Telur, Baput, Fibercreme sehingga rasa katsunya semakin gurih. Sausnya, saya pakai saus khas Indonesia yaitu sambal dan ternyata tempe katsu ini pas banget dipadukan dengan sambal bawang. Biar nampak otentik, taburi wijen di atasnya yah.. Oiya, adonan tempe katsu memang lembek jadi mesti hati-hati agar tidak ambyarr. Untuk memudahkan, saran saya ukuran katsunya dibikin kecil ajah. Punya saya ini agak kebesaran. Tenaang, rasa katsu ini enak banget, terbayar bener perjuangan membuatnya πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯° Source: Armina Puji Utari #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #PDKTdiCookpad #PDKT_TempePenyet #TempeBuatanku #OlahanTempeKayana

6 porsi
Beef slice with enoki mushroom

Beef slice with enoki mushroom

resep ini mudah enak dan praktis

3 orang
15 menit
Tumis jamur kancing

Tumis jamur kancing

Pengen banget makan jamur kancing pas banget ada dikulkas

2 porsi
20 menit