Rendang bakso jamur

Dipos pada March 2, 2022

Rendang bakso jamur

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang bakso jamur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang bakso jamur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang bakso jamur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang bakso jamur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang bakso jamur adalah -+ 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang bakso jamur diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang bakso jamur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang bakso jamur memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena di rumah sering ada stok bakso dan bosen juga dengan olahan bakso yang itu2 mulu, dan saya termasuk penggemar berat rendang akhirnya saya eksekusi dan terciptalah resep olahan yang satu ini, dan alhamdulillah keluarga juga pada suka 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang bakso jamur:

  1. 400 gr bakso sapi
  2. 250 gr jamur tiram
  3. 1 buah wortel
  4. 300 ml santan kelapa
  5. 150 gr kelapa parut
  6. 5 buah Cabai keriting/ sesuai selera (iris serong
  7. 2 lbr daun salam, 2 lbr daun jeruk
  8. 1 btr Bunga lawang, kapulaga, kayu manis, cengkeh
  9. Gula putih
  10. Bumbu halus :
  11. 8 buah bawang merah
  12. 4 siung bawang putih
  13. 3 btr kemiri
  14. 1/2 sdt
  15. ketumbar
  16. 1/2 sdt merica
  17. 1 ruas jari jahe
  18. 1/2 ruas jari kunyit
  19. Garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang bakso jamur

1
Suwir2 jamur, potong wortel sesuai selera, cuci bersih, tiriskan
2
Haluskan semua bahan bumbu halus (saya di uleg)
3
Panaskan wajan, tuang sedikit minyak
4
Setelah minyak panas tumis bumbu halus, masukkan daun salam beserta daun jeruk, dan juga bunga lawang, kapulaga, cengkeh dan kayu manis aduk2
5
Setelah tumisan bumbu wangi dan sudah mulai mengeluarkan minyak, masukkan bakso, jamur, wortel dan irisan cabai aduk2
6
Setelah bumbu kelihatan mulai meresap ke dalam bahan/ sudah set masukkan santan aduk, setelah santan/ kuah agak menyusut baru kemudian parutan kelapa, tes rasa tambahkan gula putih aduk sampai kuah menyusut
7
Matikan api kompor, dan siap di sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Capcay Goreng Jamur Kuping (Bumbu Dasar Putih)

Capcay Goreng Jamur Kuping (Bumbu Dasar Putih)

Bumbu dasar putih ini bumbu yang pas untuk memasak capcay goreng. Mumpung masih ada stok jamur kuping dan bumbu dasar putih, hari ini saya masak Capcay Goreng Jamur Kuping. Selamat mencoba ya bunda.... πŸ€—πŸ˜˜ #PekanPosbarBumbuDasar #GA_TheNextLevel #MasakItuSaya #CookpadCommunityBorneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Palangkaraya #Minggu_44

Oseng Pindang Jamur /Pinjam

Oseng Pindang Jamur /Pinjam

Awalnya cma mau menumis jamur tiram aja dan udah ak siapin bumbunya..Gak taunya suami liat bumbu yg mau ak masak dia nyeletuk,'bikin apa yank?ak blg mau tumis jamur..jwabnya kasih pindang enak kyaknya...lgsung deh ekspektasi aku cocok nih pindangnya disuwir tpi digoreng dlu...daaannn,,taaraaaa enaak bnget ternyata 😁

2 orang
1jam
Enoki Egg Soup

Enoki Egg Soup

Enak banget rasanya ringan .. Source : Bun Elrafif #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

Oseng Sayur Dengan Jamur Shitake

Oseng Sayur Dengan Jamur Shitake

Makanan favorit saya jamur shitake, ternyata sangat enak jika dipadukan dengan sayur-sayuran. Maka itu saya ingin share sedikit resep saya.

4 porsi
30 menit
Tumis sapi jamur cah cabe ijo

Tumis sapi jamur cah cabe ijo

Makan siang untuk suami

2 orang
30 menit
Tumis Sayur Jamur

Tumis Sayur Jamur

Pengen masak sesuatu dengan jamur, simple, menyehatkan Dan enak pula 😁 Resepnya retceh tapi rasanya gak retceh 😁. Yuuukkk bun dicoba dirumah yah, Daaaannn cuuuusss kita eksekusi πŸ‘πŸ»πŸ˜ Semoga resepnya bisa bermanfaat ya bunda 😊

Pizza Jamur Sayuran

Pizza Jamur Sayuran

Team mevvvvveeet Duh rabu kemaren padahal dah awal banget post,, kenapa hari ini lupa kalo hari rabu ya. Ubek-ubek galeri,, nemu foto ini dong. Pertama kali bikin pizza pake tambahan keju mozzarella,, duh meleleh banget kayak aq kalo liat kamu,, eh. #goda_bikinmelting #goda_paders #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadcommunity_bali #cookpadcommunity_denpasar #homemadeisbetter #citarasadarirumah

Jamur Goreng Crisphy

Jamur Goreng Crisphy

Goreng jamur untuk cemilan nnton sinetron, apalagi pas ujan ujan. Kebetulan deket rumah ada yg budidaya, jadi bisa beli dg harga murah dapet banyak

5 orang
1 jam
Semur kentang telor shitake

Semur kentang telor shitake

Bikin semur kentang dulu

Rendang jamur(jamur dan telur)

Rendang jamur(jamur dan telur)

Karena si kecil ompong, ga bisa ngunyah daging, makanya kalo bikin rendang pasti dikasih telur.Nah biar ga bosen, kali ini telurnya di temenin ma jamur tiram.. teksturnya yg menyerupai daging cocok lho untuk kalian yg vegan / vegetarian.

4 orang
30 menit
Mushroom Creamy Soup

Mushroom Creamy Soup

Sederhana tapi rasanya bikin ketagihan. Ini solusi untuk stok buat Kimmy kalau lagi mau makan roti pagi pagi. Jdi soup ini buat cocolan roti bakar atau tambahan carbonara spagheti biar kaya rasa. Bikinnya gampang banget

2 porsi
20 menit
Jamur Crispy Cabe Garam

Jamur Crispy Cabe Garam

simpel dan yummy ❀️ bisa untuk cemilan ataupun lauk 😍 yuk cobain! #tumisdapurjessie #intipdapurjessie #cookpadcommunity_jakarta #cookpadcommunity_malang

30 menit
Tumis Tahu Jamur Kecap

Tumis Tahu Jamur Kecap

Ini menu buka kemarin, ngabisin sisa tahu sama nemu ada jamur kuping di warung☺️ #PekanPosbar #PekanPosbarProtein

Ayam Saus Jamur - menu diet

Ayam Saus Jamur - menu diet

Kangen masakan barat yg pake krim dan berkeju tp jenis dietnya tdk memperbolehkan keju dan susu? Bisa diganti dgn fiber creme utk sedikit bernostalgia dgn susu dan keju.

1-2 org
1 jam
Tumis jamur kancing

Tumis jamur kancing

Pengen banget makan jamur kancing pas banget ada dikulkas

2 porsi
20 menit
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Sate vegetarian yang modalnya murah dan bikinnya gampang banget, yang punya usaha kuliner Cafe/Resto wajib nih cobain ini di daftar menu πŸ˜ƒ satenya dari jamur tiram, sambelnya dari bumbu kacang. Awalnya pada ngira sate kambing, suamiku juga ngira sate usus ayam, pas udah dimakan, dikunyah dan dia bilang usus ayam 🀣 Oiya ini bikinnya dikit banget karna tukang sayur langganan bawa jamurnya tinggal 2 bungkus, satu bungkusnya aja 150an gr harganya 2.000 πŸ™ˆ yaudalah gapapa ambil aja, toh dapat kortingan jadi bayar 3.000 πŸ˜ƒπŸ€­ tadinya rencana mau di goreng crispy biasa aja... Tapi karna inget dikulkas ada stok bumbu putih dan blenderan kacang buat gado2, yauda deh ambil seperempatnya aja buat bikin saus kacang 🀭🀭🀭 sooo simple banget, tinggal halusin bumbu halus aja, kasi air dikit rebus sampai setengah set, jadi deh πŸ˜ƒ sesimple itu udah jadi makanan enak yang layak dijual di Cafe Resto πŸ˜ƒ lumayankaaann menu murah yang tak biasa 🀭 yummieh banget, yang pasti ini sih kurang 😭 bikinnya lama, ngabisinnya kilat πŸ€­πŸ˜‚ *** NOTE *** Untuk Bahan Perendam : 1 sdm Bumbu Dasar Putih (jika tidak ada stok, bisa diganti dengan 1 bawang putih, 3 bawang merah, 1 kemiri, 1/8 sdt ketumbar bubuk) Source : Nay's Kitchen https://cookpad.com/id/resep/13745647-sate-jamur-tiram-bumbu-kacang?invite_token=BCddjdukJ14NVt6xe8xuS1cd&shared_at=1617510318 #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenApron3 #Timlo_BumbuPutihku #LihaiRecook9_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #PekanPosbarBumbuDasar #PekanRayaBumbuDasar

5 Tusuk
Mie Ayam jamur Shimeji

Mie Ayam jamur Shimeji

Sebetulnya pengen makan mie ayam sudah lama.Cuma pas di usulin ke suami pasti jawabannya buat aja sendiri.. ^_^ Akhirnya berburu mie basah sendiri di pasar minggu.Dengan harga yg satu plastiknya Rp 12.000,- (isi 12 mie basah) kemudian mulai deh ngumpulin bahan-bahan yang lainnya.seperti baso, ayam dan cekernya..walaupun jamurnya pakai jamur shimeji tetap enak loh! ^_^ dan..akhirnya bisa makan mie ayamnya..

12 orang
1 jam
Pan Fried Chicken with Mushroom Sauce

Pan Fried Chicken with Mushroom Sauce

Karena pandemi tak kunjung selesai.. Dan sedang saatnya masuk ppkm mumpung muncul rasa ingin rajin masak2 lagi coba bikin menu yg biasa dinikmati kalo ke resto favorit 🀩

1-3 orang