660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang

Dipos pada March 2, 2022

660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang

Anda sedang mencari inspirasi resep 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang memakai 30 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Olahan tempe memang enggak ada matinya, dimasak apa ajah enak yah. Kali ini bikin kreasi tempe #KopiJos_KreasiTempe #PekanPosbarTempe ala menu Jepang, tapi citarasa tetap Indonesia yang #SelaluIstimewa hehehe πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Katsu, biasanya terbuat dari ayam, daging, maupun udang. Namun katsu dalam menu ini terbuat dari tempe. Biar ada tekstur sedikit kenyal, maka dicampur dengan jamur tiram. Saya juga menambahkan wortel ke dalam adonannya agar katsu ini mengandung sayur dan serat, jadi makin sehat πŸ‘ŒπŸ˜ Inspirasinya datang dari mbak @Armina Puji Utari, namun saya modifikasi pada pelapis basah juga sausnya. Pelapis basah yang dipakai mbak Armina adalah telur yang dikocok lepas. Lalu saya modif dengan kombinasi Telur, Baput, Fibercreme sehingga rasa katsunya semakin gurih. Sausnya, saya pakai saus khas Indonesia yaitu sambal dan ternyata tempe katsu ini pas banget dipadukan dengan sambal bawang. Biar nampak otentik, taburi wijen di atasnya yah.. Oiya, adonan tempe katsu memang lembek jadi mesti hati-hati agar tidak ambyarr. Untuk memudahkan, saran saya ukuran katsunya dibikin kecil ajah. Punya saya ini agak kebesaran. Tenaang, rasa katsu ini enak banget, terbayar bener perjuangan membuatnya πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯° Source: Armina Puji Utari #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #PDKTdiCookpad #PDKT_TempePenyet #TempeBuatanku #OlahanTempeKayana

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang:

  1. 1 papan tempe ukuran kecil (200 gram); potong-potong
  2. 150 gram Jamur tiram;buang ujung batang,potong kecil,cuci,peras
  3. 1/2 batang Wortel; parut (tambahan dari saya)
  4. 1 butir Telur ayam; kocok lepas
  5. 2 siung Baput (Bawang putih); parut
  6. 7 sdm Tepung terigu
  7. 1,5 sdt Garam
  8. 3/4 sdt Gula pasir
  9. 1/2 sdt Merica bubuk
  10. πŸ“Œ Bahan Pelapis Basah:
  11. 1 butir Telur; kocok lepas
  12. 2 siung Baput (Bawang putih) parut (tambahan dari saya)
  13. 30 ml Air, (tambahan dari saya)
  14. 1 sdt Fibercreme; larutkan dalam 3 sdm Air (tambahan dari saya)
  15. 5 sdm Tepung terigu, (tambahan dari saya)
  16. πŸ“Œ Bahan Pelapis Kering
  17. Secukupnya Tepung roti
  18. πŸ“Œ Bahan Sambal Bawang:
  19. 5 butir Bamer (Bawang merah)
  20. 2 siung Baput (Bawang putih)
  21. 5 buah Cabe rawit merah
  22. 1/2 sdt Gula pasir
  23. 1/4 sdt Garam
  24. 2 sdm Minyak panas
  25. πŸ“Œ Pelengkap:
  26. Nasi
  27. Bawang Goreng
  28. Wijen
  29. Selada
  30. Timun

Langkah-langkah untuk membuat 660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang

1
Siapkan Tempe dan Jamur, lalu haluskan keduanya (saya haluskan pakai chopper, bisa juga pakai ulekan).
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 1
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 1
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 1
2
Campurkan Tempe dan Jamur halus, Wortel, Telur, Baput, Garam, Gula pasir, Merica bubuk, serta Tepung terigu, aduk rata. Kemudian bentuk menyerupai katsu, hati-hati karena adonan agak lembek.
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 2
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 2
3
Setelah itu, siapkan bahan pelapis basah, campur semua, aduk rata. Kemudian celupkan ke dalam adonan basah, lalu gulingkan ke adonan kering hingga semua permukaan terlapisi.
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 3
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 3
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 3
4
Goreng hingga matang, angkat dan tiriskan.
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 4
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 4
5
Membuat Sambal Bawang: uleg kasar semua bahan sambal bawang kecuali Minyak goreng. Tes rasa. Tambahkan Minyak goreng, aduk rata.
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 5
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 5
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 5
6
Penyajian: βœ… Potong Tempe katsu βœ… Pindahkan Tempe katsu yang sudah dipotong ke piring saji yang sudah ditambah Nasi, Selada, dan Timun. Lalu tambahkan sambal bawang ke atasnya. βœ… Taburi Tempe katsu dengan Wijen, dan taburi juga Nasi dengan Bawang goreng.
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 6
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 6
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 6
7
Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang pun siap disajikan. Gurih syedap mantabs πŸ‘πŸ˜‹ Selamat Mencoba πŸ™πŸ˜Š
660. Tempe Jamur Katsu Sambal Bawang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Goreng Saus Jamur

Ayam Goreng Saus Jamur

Dengan tepung crispy Kentucky dari @dapurkobe , ayam goreng saus jamur tambah enak πŸ€— #Rekreasi_Depok #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Tumis Ayam dan Jamur berkuah

Tumis Ayam dan Jamur berkuah

#CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Tumis jamur favorit

Tumis jamur favorit

Ini favorit suamiku, harus di coba di rumah biar suami makin sayang yaa :)

4 orang
15 menit
Jamur Krispi

Jamur Krispi

Lagi demen banget ni bun liat tik tok Eh muncul resep jamur kriuk Pas banget kan lagi tanggal tua huhu Meski tanggalnya tua tapi mulut pengen ngemil terus kan bun πŸ˜‘ Kebetulan di rumah ada jamur cus eksekusi ternyata beneran enak garing kriuk empuk ga alot dan renyah bun cobain yuk

3 porsi
15 menit
Sate Jamur

Sate Jamur

Yang enggak boleh ketinggalan kalau di Jogja itu adalah angkringan kopi joss. Kopi item dengan sensasi arangnya. Dan berbagai macam satenya yang tersedia di angkringan. Salah satunya adalah sate jamur. Sate jamur ini lebih nikmat lagi di makan dengan tambahan sambal kacang atau sambal kecap. Berasa makan sate ayam deh .. tapi di makan tanpa sambalpun sudah berasa enak. Jadi kalau ke Jogja .. jangan hanya liburan ke tempat² wisata saja, tapi kulineran mencoba berbagai macam makanan khas Jogja, di jamin pulang liburan berasa puas dan bakalan pengen balik ke Jogja lagi dan lagi... 😍😁 #KopiJos_KhasJogja #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #dapursandra_sate

Jamur Tiram Segera

Jamur Tiram Segera

Mungkin ada yang bertanya mengapa judul menu ini jamur tiram segera, karena harus segera dinikmati begitu selesai dibuat, hahaha.... supaya crunchy- nya terasa. Karena aku memang tidak melakukan apapun agar jamur ini crunchy lebih lama. 'Santap begitu siap sampai tandas' begitu mottoku. Untuk jamur ini maksudku... Karena seperti bayam, jamur bukan jenis makanan yang bisa diawet-awet lama. Aku juga tidak mencucinya terlebih dahulu, --hanya berusaha memilih yang terbaik saat membeli bahan mentahnya- agar bahannya tidak berubah tekstur dan rasa dan sebagainya. Jadi, untukku ini cemilan cepat saji untuk mengganjal perut lapar di pagi hari yang harus ditandaskan segera dia siap di santap. Mari makan... πŸ€—

5 org
45 menit
Fuyunghai udang, jamur kancing & sayur

Fuyunghai udang, jamur kancing & sayur

Isian bisa dikreasikan sesuai selera dan seadanya ya mom. Kali ini seafood nya sy pake udang aja,klo ada ayam giling makin enak pasti mom :) Tambahkan aneka jamur juga akan semakin menambah citarasa.. Yummy.

Pakcoy Siram Jamur Bawang Putih

Pakcoy Siram Jamur Bawang Putih

Sajian simpel untuk buka puasa. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa πŸ™ Source: Dapur Olive #PejuangGoldenApron3 #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Malang

Jamur crispy

Jamur crispy

1 piring
1 jam
Tumis tahu jamur ❀️

Tumis tahu jamur ❀️

Tiba-tiba teringat perjalanan dan berkegiatan bersama Jangkar beberapa tahun yang lalu. Menu makanannya hampir mirip seperti ini. Jadi kangen berkegiatan bersama, mendapat sharing dan ilmu yang banyak tentang HS plus ngobrol seru lagi bersama para orangtua hebat. Simplelicious 😍

5-6 porsi
45 menit
Jamur Tiram (Topping Mie Ayam)

Jamur Tiram (Topping Mie Ayam)

Week #42 Salah satu alternatif topping mie ayam kalau lagi nggak punya ayam. Sama enaknya. πŸ‘Œ . #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Pekanbaru

Jamur Crispy

Jamur Crispy

2 orang
30 menit
Poulet RΓ΄ti Air Fryer β€’ Ayam Panggang dg Saus Jamur Porsi Single

Poulet RΓ΄ti Air Fryer β€’ Ayam Panggang dg Saus Jamur Porsi Single

Ayam panggang/roast chicken a la resto Perancis yang juicy dan flavourful. Kulitnya tipis karena lemaknya sudah luruh tapi krispi dan berempah. Mudah bikinnya, kelihatannya fancy tapi nggak mahal sebenernya. Pakai oven tangkring atau toaster juga bisa, tapi kalau oven toaster agak lama dan panasnya dikurangi sedikit karena lebih rentan gosong. Rempahnya juga saya beli 7 ribuan untuk 20gr/macam dan saya juga nanam rosemary sendiri. Kentang bisa mashed, french fries, atau wedges sesukanya aja.

1-2 porsi
3 jam
Jamur Tiram Crispy Asam Manis

Jamur Tiram Crispy Asam Manis

Anak-anak suka banget sama jamur tiram goreng yang krispi. Nah, kali ini agak sedikit berbeda, karena saya masak dengan saus asam manis. Kebayang dong, jamur tiram yang udah digoreng krispi lalu dibalut dengan saus asam manis yang meresap. Enak bangeeet... Ternyata dengan 15ribu udah bisa bikin sup sayur dan lauk ini, karena memang bahannya murmer cukup jamur tiram, bawang bombay, dan tomat. Jadi, budget minimalis tapi bisa jadi menu yang istimewa yaa untuk keluarga 😍. Waah, jadi nambah menu lagi nih untuk #LaukTanggalTua πŸ˜‹πŸ‘Œ. Source: Alinett cooknfood #PejuangGoldenApron3 #Minggu43 #ResepJamur #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Sop Jamur Tiram (magicom)

Sop Jamur Tiram (magicom)

Karna suami suka sayur berkuah dan pengen masak simpel menggunakan bahan yang ada. Jadilah sayur ini😁

2-3 orang
+-20 menit
Mushroom Sauce Simple

Mushroom Sauce Simple

Udah lama ga bebikinan saus. Aku suka banget creamy dan gurihnya mushroom sauce. Biasanya kl di resto steak pasti mintanya ini, brown sauce dan bbq ga ada yg kecolek πŸ€ͺ. Hari ini suami dadakan minta buka puasa sama steak dan mushroom sauce. Beli dadakan keluar udah ga mungkin soalnya mepet mau bedug, cek stok bahan alhamdulillah.. bahannya ada xixixi.. yuuk kita buat yuukk gampang loohh 😍

3-4 orang
20 menit
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut

Masak apa bund hari ini ? Menu ini sederhana tapi enak banget pokoknya makannya nagih pengen terus terusan gitu ... Sore ini dapur bahagia buat menu * Sate Jamur Tiram * pakai bumbu kacang bund, bisa juga pakai sambal kecap dan sambal lainnya sesuai selera ya bund..karena dirumah jarang ada yang suka kecap manis maka saya buat pakai bumbu kacang saja Rasanya uenak, harum banget bumbu kacangnya cocok kalo disantap bareng sayur lalapan bund 🀭 Sate jamur gantinya daging bund untuk yang vegant atau lagi diet Sate jamur tiram ini cocok banget jadi menu makan siang / makan malam dirumah πŸ’žπŸ‘©πŸ»β€πŸ³ Selamat mencoba πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ #masak #masakanrumahan #masakanindonesia #masakannusantara #masakansimple #masakansederhana #kuliner #kulinernusantara #kulinerindonesia #kuenusantara #kueindonesia #kuetradisional #lauknusantara #kreasibunda #dapurbahagia #sate #satejamur #satejamurtiram #jamurtiram #jamur #vegant #vegetarian #menudiet #diet #bumbukacang #kacangtanah #kacangtanahgoreng

2 orang
30 menit
Cah udang jamur sayuran

Cah udang jamur sayuran

Hallo mom,menu ini dadakan yaa seadanya bahan sisa di kulkas yg di tumis2 kasih kecap,saos2 an,seasoning seprti biasa. Untuk isian boleh sesuai selera/seadanya ya mom Happy cooking

Pepes Jamur campuran

Pepes Jamur campuran

β€’β€’ Minggu 44 β€’β€’ β€’β€’ PGA 3 β€’β€’ #CookpadIndonesia #CocomtangPost #cocomtang #cookpadCommunity_Tangerang #cookpadcommunity_id #Pekan44 #PejuanggoldenApron3 #80

3 orang
30 menit