Nasi Tim Ayam Jamur

Dipos pada February 24, 2022

Nasi Tim Ayam Jamur

Anda sedang mencari inspirasi resep Nasi Tim Ayam Jamur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nasi Tim Ayam Jamur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Tim Ayam Jamur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi Tim Ayam Jamur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi Tim Ayam Jamur adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Tim Ayam Jamur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Tim Ayam Jamur memakai 27 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Baru pertama kali bikin nasi tim ini, sudah pada request lagi, nagih banget rasanya, dan pada saat makan badan terasa hangat, karena ada jahe di dalam nya, ditambah lagi dengan kuahnya yang hangat hangat gurih.... wahhhh jangan ditanya dech pasti mau nambah terus.... bikin kilaf.....terima kasih mbak @SeruniPI95 inspirasi nya.... sukses terus πŸ’ͺπŸ’ͺ #Pokcoy_SeruniPuspaIndah #PosbarKreasiCooksnapCoboy #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya #SupportBumil #Cooksnap_NasiTim

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Tim Ayam Jamur:

  1. Bahan Nasi
  2. 1/4 kg beras
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1/2 butir bawang bombay
  5. 2 cm jahe
  6. 1 sdt minyak wijen
  7. 2 ssm minyak goreng
  8. secukupnya Garam dan kaldu bubuk jamur
  9. Air sesuaikan takaran beras
  10. Bahan Ayam
  11. 1/2 kg ayam
  12. 1 bks jamur tiram
  13. 4 siung bawang putih
  14. 1/2 butir bawang bombay
  15. 2 cm jahe
  16. 5 bh cabe rawit
  17. 1 bh bunga lawang
  18. 2 sdm kecap bango
  19. 1 sdt kecap asin
  20. 1/2 sdt merica bubuk
  21. secukupnya Garam, gula dan kaldu jamur
  22. Air secukupnyw
  23. Kuah kaldu
  24. Tulang ayam sisa dari filet
  25. 2 siung bawang putih
  26. Secukupnya merica bubuk
  27. Garam dan kaldu jamur secukuonya

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Tim Ayam Jamur

1
Pembuatan ayam. Ayam dicuci bersih lalu di.potong dadu, jamur dicuci lalu peras kemudian suwir suwir, siapkan bumbu bumbu nya cuci bersih
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 1
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 1
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 1
2
Rajang halus bawang putih, bawang bombay dan cabe, kemudian siapkan minyak untuk menumis, masukan bawang putih dan bawang bombay tumis hingga harum kemudian masukkan cabe aduk terus
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 2
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 2
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 2
3
Kemudian tambahkan daging ayam, aduk hingga daging berubah warna, lalu tambahkan kecap manis, kecap asin aduk hingga rata, masukkan jamur, bunga lawang dan tambahkan air secukupnya, masukkan merica, garam, gula dan kaldu jamur masak hingga air menyusut, cek rasa, setelah matang angkat dan sisihkan
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 3
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 3
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 3
4
Proses pembuatan Nasi Siapkan beras dan cuci bersih lalu tiriskan. Rajang bawang putih dan bawang bombay, siapkan minyak goreng untuk menumis, bila minyak sudah panas masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah di rajang hingga harum, kemudian tambahkan air masak hingga mendiidih lalu masukkan beras masak hingga air menyusut
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 4
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 4
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 4
5
Ambil cetakan, olesi dengan minyak goreng, masukkan ayam tata rapi kemudian masukkan beras yang sudah di karon tadi di atasnya sambil di tekan tekan supaya padat, lalu kukus selama 45 menit
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 5
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 5
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 5
6
Pembuatan kuah Sambil menunggu nasi matang, kita bikin kuah dulu, siapkan air dan masak hingga mendidih, setelah mendidih masukkan tulang ayam tadi, lalu tambahkan garam, merica dan kaldu jamur masak hingga matang, sebelum diangkat kuah tadi tambahkan dengan rajangan daun brambang, angkat dan mati kan api nya
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 6
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 6
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 6
7
Setelah 45 menit, nasi bisa di angkat dan matang.... taraaaa nasi siap di santap dengan kuah yang hangat.... hemmmm mantappp rasanya klop banget
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 7
Nasi Tim Ayam Jamur - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jamur goreng

Jamur goreng

Aku suka jamur, anakku ngga, kecuali jamur yg krispi. Jadinya bikin ini sebagai solusi..

10 menitan
Tumis jamur

Tumis jamur

3 orang
20 menit
Mie Ayam Jamur

Mie Ayam Jamur

Resep ini dari youtube nya pak Sugeng Agus. Suami minta juga dibikinin mie ayam ala "Mie Ayam Teman" ini. Alhamdulillah enak banget.. Saya modifikasi resep dasarnya dgn tambahin minyak wijen, kecap asin dan saus tiram dan jamur. Biar berasa Chinese food ... #toppingmieayamjamur #minyakbawang #kuahkalduayam #sambalbakso

Tom Yam Udang Jamur Sederhana Jamin Enak

Tom Yam Udang Jamur Sederhana Jamin Enak

Ngidam tomyamgoong, tp di klaten ga ada yg jual yg enakkk.. jdnya buat sendiri lah.. ternyata memuaskann

4 orang
1.5 jam
Tumis tahu buncis dan jamur kuping

Tumis tahu buncis dan jamur kuping

oseng semua sisa bahan di kulkas :)

3-4 porsi
20 menit
Cap Jay rempelo ati jamur kuping

Cap Jay rempelo ati jamur kuping

Sore Hari bila masakan habis kita masak cap Jay... Kalo smua anggota sudah kumpul Baru kita masak. Sayuran dan ikannya sudah siap sedia di kulkas tinggal sreng sreng deh. Matang kita satap bareng Panas2 wooow mantap. #PasukanGoldenApron3

Tumis Jamur Sawijen

Tumis Jamur Sawijen

Rabu, 25 Agustus 2021 Bismillah Ada stok jamur kuping yg sdh direndam sisa buat tekwan, bingung mau diapain, takut mubazir, cari2 inspirasi di cp sambil #Rekreasi_Depok, nemu resepnya @khumairahs_kitchen, lgsg eksekusi, kebetulan emang blm bikin sayur utk makan siang Resepnya simpel & Enak, Harus dicoba moms.. πŸ‘ŒπŸ‘ #Wongkito_SanjokeDepok #ResepWongKito #Cookpadcommunity_palembang #Cookpadcommunity_id #berbagiinspirasi #masakitusaya #cookpadindonesia #Temansetiapmomen #stayathome #dirumahaja #kedapuraja

Kukus Tahu Udang Jamur gulung Kembang Tahu

Kukus Tahu Udang Jamur gulung Kembang Tahu

Beli kembang tahu bingung mau bikin apa. Kebetulan mau belanja mingguan, jadi abisin stok kulkas dulu

2 porsi
1jam
Sup Sayur Jamur Ikan

Sup Sayur Jamur Ikan

Sup ini adalah sup sederhana yang saya sering dimasak, karena anak saya suka sayur dan jamur. #PejuangGoldenApron3

2 orang
20 menit
Soup Jamur Perontok Lemak

Soup Jamur Perontok Lemak

Makan tepung-tepungan terus 4 hari berturut-turut. Mari rontokan lemak-lemak membandel. Resep ini waktu itu ku liat di postingan Dr. Zaidul Akbar yang repost di IGS ku ss dulu cuma udah luamaaa bangett baru coba bikin nih ehehee. Enak ya ternyata seger.

TUMIS LABU JAMUR KUPING -

TUMIS LABU JAMUR KUPING -

Ini salah satu favorit saya edisi labu siam. πŸ˜„ Labu siam dijodohkan sama jamur kuping, kalau ada udang juga cocok.

Tumis jamur champignon sederhana

Tumis jamur champignon sederhana

Masakan favorit mama❀️

2 - 3 org
30 menit
Tongseng Jamur Tiram

Tongseng Jamur Tiram

Punya bahan jamur tiram, iseng2 buka cookpad, ketemu ide resep mb @neili_f_gisymar Tongseng Jamur tiram. Tp bahan2nya aq sesuaikan dengan selera keluarga #cookpadcommunity_semarang#Semangcook_BudgetMurahRasaMeriah

Sop Jamur Tiram (magicom)

Sop Jamur Tiram (magicom)

Karna suami suka sayur berkuah dan pengen masak simpel menggunakan bahan yang ada. Jadilah sayur ini😁

2-3 orang
+-20 menit
Jamur tiram goreng purut

Jamur tiram goreng purut

3 orang
1 jam
Creamy Mushroom Sauce (bahan ala kadarnya)

Creamy Mushroom Sauce (bahan ala kadarnya)

πŸ€ Bismillah,....... Biasa nyetok saus2 gini di kulkas, bisa buat saus pasta, saus steak, atau sekedar cocolan garlic bread 😊 Walau dengan bahan seadanya, rasa tetep juara, fav si sulung nih πŸ˜„πŸ˜‚

Sop Jamur Wortel

Sop Jamur Wortel

Sop itu masakan termudah buatku, soalnya tinggal cemplang-cemplung bahan yang ada di kulkas. Berhubung sayurnya cuma ada wortel, dari pada dia sendirian, ditemenin lah sama jamur kuping, bakso dan sosis. Simple dan seger. Sekaligus tadi lupa ngasih bawang goreng jadinya malah seger banget karena gak berminyak. Cuzz..