Mushroom Rice

Dipos pada February 24, 2022

Mushroom Rice

Anda sedang mencari inspirasi resep Mushroom Rice yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Mushroom Rice yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mushroom Rice, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mushroom Rice enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mushroom Rice sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mushroom Rice memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Recipe source : IG thegourmetboy

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mushroom Rice:

  1. 2 cup beras
  2. Air kaldu ayam / air sesuai takaran beras
  3. 600 gr / 3 pack jamur champignon
  4. 2,5 sdm butter
  5. secukupnya Merica hitam
  6. 2 sdm soyu / kecap asin
  7. Garam
  8. 1/2 sdt royco
  9. 1 sdt dark soy sauce
  10. 🌸 Bumbu :
  11. 1 buah bwg bombay, potong kecil2
  12. 2 btr bwg putih, geprek, cincang halus
  13. 4 btg daun bwg kecil, potong2, pisahkan bagian putih & hijau

Langkah-langkah untuk membuat Mushroom Rice

1
Usahakan beli jamur di supermarket, yg masih baru, masih putih2. Jamur gak perlu di cuci, di lap tissue aja klo ada kotoran & potong ujungnya. Lalu potong2 jangan terlalu tipis.
2
Panaskan butter, tumis bwg bombay, bwg putih & bagian putih daun bwg hingga harum & layu, masukkan jamur. Tumis hingga jamur mulai layu, tambahkan garam sedikit spy jamur keluar air. Masak terus hingga air menguap, kering & jamur kecoklatan. Beri merica hitam secukupnya & 2 sdm kecap asin. Aduk terus hingga jamur benar2 kering tdk berair. Lalu bagi menjadi 2 bagian.
3
Siapkan beras yg sdh di cuci, tuang kaldu /air seperti biasa, beri 1 sdt kecap hitam, 1/2 sdt royco, masukkan 1 bagian jamur, aduk rata, koreksi rasa klo kurang... (buat catatan pribadi : sy tambah 1 sdt kecap asin & 1/2 sdt garam), masak hingga matang.
4
Setelah matang, jangan langsung di buka, tunggu 15 menit, lalu masukkan sisa 1 bagian jamur & daun bawang, aduk hingga rata, sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jamur Sosis Saus Tiram

Jamur Sosis Saus Tiram

#PejuangGoldenApron3 #week43

Jamur raos

Jamur raos

Aslinya ini pakai terong, cuma saya ganti jamur. Plus tepungnya juga saya ganti dg gluten free Resep asli dari @heshidayat

Tumis Jamur Tiram Putih

Tumis Jamur Tiram Putih

Terinspirasi dari resepnya mba @detimardiana16 sederhana tumisnya dan enak banget. Asem dari tomat, pedas ga terlalu strong, teman makan sama kerupuk, nasi panas. Endulitaaa 🥰

Nasi Tim Ayam Jamur (rice cooker)

Nasi Tim Ayam Jamur (rice cooker)

Ini selalu jadi andalan untuk sarapan anak bahkan maksi juga tetep sama🤭 mau nya ini....praktis cepet juga...pasti enak ya😊

Sate jamur tiram

Sate jamur tiram

Bismillahirrahmanirrahim... Baru pertama kali nyobain jamur tiram di bikin sate...untuk yang vegetarian ini salah satu menu yang bisa di jadikan lauk teman nya nasi...rasanya nya tidak kalah dengan sate ayam yang penting di bumbu nya...si dedek sekali nyoba langsung suka. #Satejamurtiram #Makwin #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

15-20 tusuk
1 jam
Jamur crispy

Jamur crispy

Akoh tadinya Klo bikin jamur crispy pake tepung Racik yg instan, tp kok ya rasa jamurnya jd hilang.. jd terlalu gurih gitu. Jd akoh coba bikin pake tepung campu2 sendiri😁. Dan ini menurut ku Rasanya pas. Rasanya itu kriuk di luar tapi lembut di dalam🤭. Dan yang paling penting rasa jamurnya tetep berasa..

Jamur Crispy

Jamur Crispy

Jamur lagi 🍄 utk cocol2 camilan

Spaghetti with Creamy Mushroom Sauce and Fried Shrimp Topping

Spaghetti with Creamy Mushroom Sauce and Fried Shrimp Topping

Lagi kangen makan makanan yg dulu sering dan bs dimakan pas di Taiwan. Salah satunya makanan Italiano. Ngide bikin spaghetti trs pake saus jamur gituu. Eh kok enak 😅

2 porsi
1 jam
Jamur Enoki krispi

Jamur Enoki krispi

Resep jamur krispi ala bunda Syifa MR ini anti letoy nih.. Perbandingan tepungnya tepung bumbu : tepung terigu : tepung beras 4:4:2 jadi kalo lagi menggoreng banyak kalikan saja ☺️

Jamur crispy

Jamur crispy

30 menit
Sambal jamur ala sesuai selera

Sambal jamur ala sesuai selera

Rasa pedes asem nya ya ampun enak banget ..

2 orang
Tumis Jamur Kancing

Tumis Jamur Kancing

Menu praktis yang nikmat dan kaya nutrisi

3-4 orang
10 menit
Nasi Saus Ayam Jamur

Nasi Saus Ayam Jamur

Bismillah... Waktu itu beli ayam tapi hanya kebagian bagian dada. Bingung mau diapain akhirnya sy masak aja bareng jamur biar bisa dibikin ala ala rice bowl. Pendamping nya bisa pakai pokcoy rebus atau salad. Cobain yuk.

4-6 porsi
One Pan - Grilled Chicken Mushroom

One Pan - Grilled Chicken Mushroom

Yuuk gowes keliling Jakarta.. Aku singgah di Dapur Mbak @frielinggasit untuk menikmati menu One Pan - Grilled Chicken Mushroom... Belajar dari Mbak Lingga, semua dimasak di satu pan. Mantap... Mudah dan cepat,.. aku masak untuk menu makan malam ku hari ini. Lumayan setelah tadi vaksin pertama, sempat tidur sebentar, langsung ke dapur melakukan cooksnap untuk menu ini.. Sedikit modif dari resep Mbak Lingga yang menyesuaikan dengan ketersediaan bahan yang ada di kulkas.. Daging ayamnya aku pakai fillet dada dan jamurnya aku pakai king Oyster dan Jamur Kuping... Yuuk mari dinikmati... Lezaato banget... #GowesBecak_KelilingJakarta #CookpadCommunity_Jakarta

5 orang
1 jam
Tumis Jamur Pedas

Tumis Jamur Pedas

Alhamdulillah.. Tumis Jamur kancing pedas, masih dengan tabungan resep ini.. Buat setoran GA Minggu ini.. Semangat untuk beberapa Minggu ke depan.. Semoga minggu depan udah agak longgar waktunya jadi bisa masak² lagi deh😁 Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/13451152-tumis-jamur-pedas?invite_token=Fmn3CMGuxSzLXGeePrNvcQpv&shared_at=1617706112 Source : ibu hes #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Semarang

11. Pepes Tahu Jamur Tiram

11. Pepes Tahu Jamur Tiram

Jadi inget dulu pas hamil anak pertama, posisi masih tinggal di Denpasar, kepengen banget makan pepes tahu jamur. Dan baru kesampaian di usia kehamilan 6 bulan, saat mudik ke Bogor. Hihi sekarang alhamdulillah sudah punya resep andalan, yg simple tapi enak, dan yg pasti sehat. Triple protein dari jamur tiram, tahu, dan telur emang nggak pernah salah nikmatnya. Maasyaa Allah ❤️

4-8 porsi
45 menit
348. Capcai / Capcay Jamur Sayur Chinese Style

348. Capcai / Capcay Jamur Sayur Chinese Style

Capcai atau capcay adalah nama hidangan khas Tionghoa-Indonesia berupa banyak macam sayuran yang dimasak dengan cara direbus atau digoreng tumis. Capcai asal mulanya merupakan variasi dari hidangan khas Fujian. Nama capcai diambil dari dialek Hokkian yang secara harfiah berarti "aneka ragam sayur". Wikipedia. #CookpadCommunity_Bogor #GA_TheNextLevel Week 52 #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuAku Minggu 123

4 orang
30 menit