Pepes Tahu Jamur

Dipos pada February 26, 2022

Pepes Tahu Jamur

Anda sedang mencari inspirasi resep Pepes Tahu Jamur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Pepes Tahu Jamur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pepes Tahu Jamur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pepes Tahu Jamur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Pepes Tahu Jamur adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Pepes Tahu Jamur diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pepes Tahu Jamur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pepes Tahu Jamur memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi kepengen makan makanan berbahan dasar tahu. Kepikiran langsung bikin pepes karena berbumbu dan sehat! Hihi biasanya aku bikin pakai mangkok aja tapi kali ini lagi pengen pake daun pisang biar lebih nikmat dan berasa kayak masakan mama 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pepes Tahu Jamur:

  1. 250 gram kotak tahu (1 kotak besar)
  2. 200 gram jamur tiram
  3. 1 butir telur
  4. 4 buah cabe besar
  5. 3 buah cabe rawit
  6. 4 siung bawang putih
  7. 5 siung bawang merah
  8. 2 sdt bubuk serai
  9. 3 sdt bubuk ketumbar
  10. 2 sdt lada bubuk
  11. 2 sdt bubuk lengkuas
  12. 4 lembar daun salam
  13. 3 lembar daun jeruk
  14. 2 sdt kaldu jamur
  15. Garam (sesuai selera)
  16. Gula (sesuai selera)
  17. Daun pisang

Langkah-langkah untuk membuat Pepes Tahu Jamur

1
Blender bumbu bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih menggunakan minyak agar mudah diblender. Tambahkan bubuk lengkuas, bubuk serai, ketumbar, kaldu jamur, gula, garam.
2
Tumis bumbu halus hingga setengah matang. Tambahkan daun salam dan daun jeruk.
Pepes Tahu Jamur - Step 2
3
Potong-potong jamur.
Pepes Tahu Jamur - Step 3
4
Di dalam wadah hancurkan tahu. Lalu campurkan dengan tumisan bumbu halus. Aduk hingga rata. Jangan lupa masukkan potongan jamur. Cicipi untuk koreksi rasa nya. Jika sudah pas. Tambahkan 1 butir telur. Aduk hingga tercampur rata.
Pepes Tahu Jamur - Step 4
5
Siapkan daun pisang. Jangan lupa dilap terlebih dahulu. Berikan 2-3 sdm tahu. Lalu bungkus. Gunakam tusuk lidi agar daun tertutup rapat.
6
Kukus selama +-25 menit.
Pepes Tahu Jamur - Step 6
7
Jika ingin lebih wangi lagi, setelah dikukus, panggang pepes di atas wahan hingga daun kecokelatan.
Pepes Tahu Jamur - Step 7
Pepes Tahu Jamur - Step 7
8
Selesai! Pepes siap disajikan :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tumis sawi putih jamur tiram

Tumis sawi putih jamur tiram

Ketemu jamur tiram di tukang sayur. Di masak apa ya kira2 🤔

6 porsi
30 menit
131. Crispy Mushroom (Jamur Krispi)

131. Crispy Mushroom (Jamur Krispi)

Jamur yang saya pake jenisnya jamur tiram putih. Jamur yang mudah didapat di warung & pasar. Biasanya saya robek kecil-kecil dan dibikin garing seperti keripik untuk snack & dimasukin toples. Nah...kali ini saya bikin versi jamur sebagai lauk pendamping. Ga terlalu garing tapi tetap renyah diluar lembut didalam 😁 Bedanya cuma di konsistensi adonan basah aja koq. Manfaatnya banyak, diantaranya... 1. Meningkatkan daya tahan tubuh 2. Menurunkan kolesterol 3. Membantu kesehatan jantung 4. Sumber vitamin B3 5. Kaya antioksidan 6. Meningkatkan kolagen #CookpadCommunity_Bandung

20 menit
TUMIS LABU JAMUR KUPING -

TUMIS LABU JAMUR KUPING -

Ini salah satu favorit saya edisi labu siam. 😄 Labu siam dijodohkan sama jamur kuping, kalau ada udang juga cocok.

Rendang jamur(jamur dan telur)

Rendang jamur(jamur dan telur)

Karena si kecil ompong, ga bisa ngunyah daging, makanya kalo bikin rendang pasti dikasih telur.Nah biar ga bosen, kali ini telurnya di temenin ma jamur tiram.. teksturnya yg menyerupai daging cocok lho untuk kalian yg vegan / vegetarian.

4 orang
30 menit
Tumis jamur shitake kering dan tahu putih

Tumis jamur shitake kering dan tahu putih

Bingung pengen masak apa,eh lihat kulkas ada stok tahu putih dan di lemari masih ada jamur shitake kering. Ya udah langsung eksekusi aja

5 orang
30 menit
Nasi bakar Jamur

Nasi bakar Jamur

Ada sisa nasi semalam, sya masak nasi jamur ps dengan cuaca yg dingin di pagi hari

Pepes Jamur tiram, Tahu, dan Tempe (protein nabati menu diet)

Pepes Jamur tiram, Tahu, dan Tempe (protein nabati menu diet)

Kepingin makan pepes endeusss yg asem dan seger di lidah akhirnya jadilah resep ini. Rasanya nikmat banget pokoknya Ndak kalah sama pepes ikan yang pakai parutan kelapa. Karena bumbunya udah tercampur saat menumis sebelum dikukus

4 porsi
20 menit
Tumis Jamur Spesial Keluarga

Tumis Jamur Spesial Keluarga

Karena suami suka sama wortel dan sawi, ngecek stok jamur sudah mulai gak segar akhirnya dicampur juga ditambahin bakso, ternyata cocok dan enak juga nih Bun 🤗

2 orang
45 menit
Sup Brokoli Jamur

Sup Brokoli Jamur

Sup hangat2 enak banget diseruput udara sejuk begini. Buat yang lagi hamil juga bisa buat penambah stamina. #supportbumil #CookpadCommunity_Tangerang

Perkedel Kentang Jamur Kuping

Perkedel Kentang Jamur Kuping

Lagi bikin Perkedel Kentang Jamur Kuping. Tapi kali ini Kentangnya saya coba dikukus sebelum dihaluskan, kalau biasanya saya goreng dulu sebelum dihaluskan. Kebetulan Tema minggu ini adalah mengolah umbi-umbian, dijadikan olahan pengganti nasi. #Mbois_SerbaUmbi #MboisCoboy_SerbaUmbi #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #TetepKenyangTanpaNasi

179. Mushroom Omelette

179. Mushroom Omelette

#CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia #Rekreasi_Depok Source @mbantuk

4 orang
30 menit
Jamur Enoki Krispi

Jamur Enoki Krispi

Beberapa waktu terakhir, jamur Enoki lagi booming, harganya yg ga murah, tetap jadi buruan ibu" yg termakan kabar viral. Yah, jadi latah dong ikut nyobain menu viral ini, apa bedanya dari jamur merang yg gampang di cari di pasar tradisional. Dengan harga 10rbuan per bungkus, bisa di dapatkan. Dan akhirnya siap eksekusi. Resep simpel saja, karena ternyata cuman di bumbui kaldu dan garam saja udah endul terkendul-kendul. Simak yuk Bun resep ala pawone Lely.

1 porsi
15-30 menit
Steak Ikan Krispi Saus Jamur

Steak Ikan Krispi Saus Jamur

Walaupun banyak berita di sekitar kita yang agak membuat mood turun tapi harus tetap semangat ya demi orang yang kita sayang di rumah Bebikin menu spesial di hari weekend ala ala rumahan tapi dengan rasa yang ga kalah dari rasa restoran Saya disini pake fillet tilapia atau nila, tapi bisa juga pake fillet ikan dori atau diganti dada ayam juga bisa, disesuaikan stok nya aja, begitu pula dengan jenis sayurannya bisa disesuaikan aja Tetap jaga kesehatan ya untuk teman teman cookpaders semua #CPBali_MenuAlaResto #Cookpadcommunity_bali #GenkPejuangDapur #PekanPosbar

Sawi tumis jamur shitake

Sawi tumis jamur shitake

Gak ada inspirasi apa². Cuma pengen masak ini aja.

4 orang
30 menit
Tumis Jamur Tiram Kacang Panjang

Tumis Jamur Tiram Kacang Panjang

Source : @PutriChristian #PekanCooksnapAdmin #CooksnapAdminClover #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Jakarta #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

Bala-Bala Jamur Kuping

Bala-Bala Jamur Kuping

Rintikan hujan tak kunjung reda, angin berhembus seolah menyapa. Dingin dan hujan membuat purut ini terasa lapar. Ku buka kulkas dan ku lihat ada jamur kuping. Seketika imajinasiku bercerita...hujan2 paling pas ditemani bala-bala. Dan bikinnya cukup mudah kan bun😀

Oseng kacang panjang jamur tiram

Oseng kacang panjang jamur tiram

Mertua minta dimasakin jamur lagi.. Hayuklahh dibikin pedes manis aja 😁

6 orang
20 menit
Fuyunghai udang, jamur kancing & sayur

Fuyunghai udang, jamur kancing & sayur

Isian bisa dikreasikan sesuai selera dan seadanya ya mom. Kali ini seafood nya sy pake udang aja,klo ada ayam giling makin enak pasti mom :) Tambahkan aneka jamur juga akan semakin menambah citarasa.. Yummy.